Skema Phishing Facebook Terbaru dan Tips Mencegahnya

Jika pernah menerima pesan yang mengatakan akun Facebook Anda telah diblokir karena pelanggaran hak cipta, jangan panik. Kemungkinan besar itu hanya penipuan phishing. Saat ini, aktivitas phishing terbaru yang bertujuan mencuri akun Facebook sedang sangat marak. Pengguna akan menerima email massal yang memberitahu ancaman berupa larangan atas pelanggaran hak cipta. Tujuannya adalah untuk mencuri kredensial login pengguna. Berikut Kaspersky jelaskan anatomi skema baru dan saran agar tidak terburu-buru menelan umpan.

Melanggar Hak Cipta?
Pesan tersebut mengatakan sesuatu seperti: “Akun Facebook Anda telah dinonaktifkan karena melanggar ketentuan Facebook. Jika Anda yakin bahwa keputusan ini tidak benar, Anda dapat mengajukan banding melalui tautan berikut.” Takut akan kehilangan akun dan tanpa melihat tanda bahaya di alamat tautan, Anda bahkan dapat memasukkan nama lengkap dan nama pengguna, seperti yang diminta. Skema berikutnya adalah permintaan yang sepatutnya tidak boleh dilakukan oleh siapa pun, yaitu: "Demi keamanan Anda, mohon untuk memasukkan sandi Anda." Ketika itu terjadi, seluruh akun Anda sekarang menjadi milik pelaku kejahatan siber.

Kami telah mengatakannya sebelumnya dan tidak bosan untuk mengulanginya lagi: Jangan pernah ikuti tautan di email yang mencurigakan. Bahkan pengguna paling cerdas pun dapat terperangkap oleh pesan yang ditulis dan dirancang dengan baik yang masuk melalui filter spam, kontennya dilengkapi tautan yang bagus, dan secara umum tampak sah.

Bagaimana triknya?
Mari kita mulai dengan email. Pertama, teks itu sendiri menunjukkan ciri khas para scammer. Meskipun tidak memiliki kesalahan bahasa fatal yang sering kita lihat di spam, siapa pun yang akrab dengan komunikasi Facebook akan melihat bahwa surat itu tidak tertulis dengan baik. Kemudian, untuk mengelabui filter spam, para pelaku kejahatan siber memasukkan kesalahan ketik kecil yang disengaja ke dalam badan email. Dalam hal ini, mereka menggunakan trik huruf-besar-I-bukannya-huruf-L-kecil. Jika email Anda menggunakan font serif, penggantian huruf mungkin akan mudah dikenali.

Rate now!

Rating

Skema Phishing Facebook Terbaru dan Tips Mencegahnya

  • SHARE POST   

Comments