Sebesar Apakah Mobile Legends di Indonesia ?

Tahun lalu, tepatnya 1 April 2018, gelaran Grand Final MPL Indonesia Season 1 berhasil mengejutkan banyak pelaku industri di Indonesia. Panggung utama liga profesional untuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang kala itu juga dihadiri Zulkifli Hasan (Ketua MPR periode 2014-2019) berhasil membuat Mall Taman Anggrek penuh sesak dengan para gamer. Setelah 2 Musim berjalan (S2 dan S3), MPL ID S4 masih mampu mendatangkan para fans fanatik yang antusias membela tim kebanggaan mereka. 


 
Hari Minggu 13 Oktober 2019, yang jadi hari terakhir pertandingan Regular Season MPL ID S4, 2000 fans MLBB menyerbu MPL Arena (XO Hall Markas) untuk menyaksikan pertandingan panas antara EVOS melawan RRQ. Hari itu bahkan bukan puncak dari gelaran MPL ID S4 yang akan digelar di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno, pada tanggal 2627 Oktober 2019.   Cerita tadi memang masih hanya menunjukkan secuil dari maraknya perkembangan industri game dan esports di Indonesia karena memang masih ada game lain selain MLBB ataupun turnamen lain selain MPL ID S4. Namun demikian, mengingat MPL ID S4 dan MLBB memang bisa dianggap sebagai trendsetter di industri esports dan game Indonesia saat ini, fenomena tadi bisa jadi salah satu acuan untuk membayangkan seberapa besar industri kreatif baru ini. 

Menurut data dari Moonton sebagai publisher dan developer dari MLBB, pengguna aktif bulanan (Monthly Active User) game ini di Indonesia mencapai 31 juta orang. Sekali lagi, angka ini memang belum menghitung pengguna game lainnya. Namun mengingat sampai hari ini, MLBB masih jadi salah satu game paling populer di Indonesia, setidaknya angka tersebut bisa jadi gambaran tentang seberapa besar pasar gamer di Indonesia. 

Rate now!

Rating

Sebesar Apakah Mobile Legends di Indonesia ?

  • SHARE POST   

Comments