Aggressive vs Defensive Support: Siapa yang Lebih Populer ?

Seperti yang kita tahu, saat ini metagame kompetitif di Season 7 memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari musim sebelumnya - terutama di role support. Kembalinya tank toplaner seperti Nautilus, Poppy dan Maokai ke kompetitif membuat role support lebih fleksibel dari sebelumnya. Dengan metagame ADC yang berorientasi pada utility (Ashe, Jhin, Varus), tentunya dibutuhkan support yang cocok agar mereka bisa unggul di early game, atau farm dengan tenang.

Mungkin akan aneh jika mendengar bahwa Miss Fortune dan Malzahar adalah dua dari beberapa champion terpopuler di posisi support. Akan tetapi, itu memang kenyataannya. Berdasarkan situs Oracle's Elixir, Zyra menempati posisi pertama untuk most picked (terbanyak diambil) champion di role support (45,8%), disusul oleh Malzahar (36,1%), Karma (25,7%) dan Miss Fortune (21,5%). 4 champion di atas merupakan support tipe agresif yang akan cenderung untuk memberikan damage sejak early game. Zyra dengan tanaman-tanamannya, Malzahar dengan Voidling-nya, Karma dengan Inner Flame-nya dan Miss Fortune dengan Make It Rain. Ini adalah pertanda bahwa support defensif / peel seperti Braum, Janna atau Nami kehilangan daya tariknya dibanding 4 champion di atas. 

Dari 16 game yang berlangsung pada minggu pertama LGS Spring, ternyata support defensif masih populer di kalangan tim-tim LGS. Braum, misalnya, menjadi support yang paling banyak dimainkan dengan total 6 kali. Di bawahnya ada Miss Fortune (5), Thresh (5), dan Alistar (3). Bagaimana dengan Zyra dan Malzahar? Well, bisa dibilang keduanya tidak punya kesempatan banyak. Zyra hanya diambil sebanyak 3 kali dan di-ban hanya 6 kali, membuat contest rate-nya hanya 50%. Sedangkan Malzahar lebih tragis, di-ban dalam 8 game dan hanya diambil 2 kali oleh Rofens (Fortius) dan Cruzher (Headhunters). Tapi kalau mau tahu siapa yang lebih 'tragis', ialah Karma. Ia hanya diambil 1 kali saja, bahkan tidak pernah masuk dalam daftar banned champions sama sekali. 

Kesimpulan yang bisa kita tarik adalah, ternyata support defensif masih lebih populer dibandingkan support agresif di LGS. Popularitas Zyra dan Malzahar di liga internasional membuat tim-tim LGS cenderung enggan untuk berjumpa dengan kedua champion tersebut di dalam permainan, sehingga membuat ban rate mereka cukup tinggi. Alasan yang kedua adalah para tim LGS belum mau bereksperimen dengan metagame baru, dan lebih nyaman dengan komposisi champ di patch sebelumnya. Mungkin saja, dalam beberapa minggu ke depan kita baru akan melihat perubahan metagame di LGS yang mengikuti meta tim-tim internasional.

 

 

 

 

 

 

Rate now!

Rating

Aggressive vs Defensive Support: Siapa yang Lebih Populer ?

  • SHARE POST   

Comments