Review ASUS ROG G551VW, Notebook Gaming Paling Handal dengan Layar 4K

Ada sebuah kata bijak yang menulis, kegembiraan itu sejatinya dapat diciptakan dan kebahagiaan bersumber dari sebuah keputusan yang dibuat, bukan perasaan yang dirasakan. Ya, rasa-rasanya mungkin benar juga, sebab ketika kita melakukan sesuatu yang ingin benar-benar dilakukan kemudian merasa senang, itulah kebahagiaan yang berhasil kita buat.

Semakin canggih zaman, maka semakin beragam dan unik pula cara orang berbahagia. Melakukan hobi salah satunya, karena hobi biasanya adalah hal-hal yang secara personal disukai oleh pemiliknya, yang bisa membuatnya happy. Hobi pun beragam, ada orang yang gemar traveling, main game, suka fotografi, bikin video, memasak, memancing, atau yang lainnya. Berdekatakan dengan hal tadi, GudangGaming ingin menyoroti salah hobi yang banyak disenangi orang, terutama anak-anak muda di zaman sekarang. Yap benar sekali, hobi tersebut adalah bermain game di sebuah device, baik itu PC desktop, notebook, tablet, smartphone atau konsol game.

Saking banyaknya gamer di negeri kita ini, menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) baru-baru ini disebutkan jumlah pemain game online di Indonesia mencapai 6 jutaan orang. Angka itu  memiliki presentasi berkisar  10 pesen dari jumlah pengguna internet di Tanah Air yang mencapai 63 juta manusia. Sayangnya data tersebut tidak meninjau lebih jauh, platform apa yang paling banyak digunakan (disukai) oleh para gamers tersebut untuk bermain game online ini, mobile ataukah desktop.

GudangGaming berpendapat, platform mobile adalah yang mungkin lebih populer untuk bermain game saat ini. Mempertimbangkan kemudahan dan portabilitas yang ditawarkan, membuat mobile gaming device jauh lebih dipilih ketimbang perangkat gaming desktop. Tetapi jangan salah, perangkat mobile gaming pun terbagi lagi sekarang, kalau dulu notebook mendominasi, saat ini dia harus rela bagi-bagi dengan smartphone. Cuma tentu saja pengalaman bermain game yang disuguhkan pun pasti berbeda. Notebook gaming akan jauh lebih unggul, karena selain mampu menyodorkan tampilan grafis yang lebih kece, keseruan lain seperti sound yang lebih jernih dan keras jenis permainan lebih beragam, dan juga kelengkapan pendukung lainnya yang lebih memadai, menjadikan notebook gaming diminati.

Oke, jadi kali ini GudangGaming berkesempatan mengulas satu produk notebook gaming kembangan salah vendor perangkat komputer ternama di dunia, yakni ASUS. Sebagai gambaran, di urusan notebook di Indonesia, ASUS merupakan produsen terbesar. Di bidang notebook gaming berbasis Nvidia GTX, alias notebook gaming kelas performa, pangsa pasarnya juga sangat dominan, mencapai 60 persen. Salah satu varian terbarunya dari jajaran notebook gaming, yakni ROG G551 yang akan kita bahas kali ini telah ditanamkan fitur-fitur mutakhir nan canggih. Utamanya adalah layar dengan resolusi 4K. Seperti apa keseruan menggunakan G551 untuk bermain berbagai macam game, dari ringan hingga yang berat, mulai offline hingga online? Simak ulasan berikut ini.

Desain Sederhana Namun Tetap Penuh Gaya

Satu hal menarik yang tak bisa dipungkiri dari ASUS ROG G551 adalah desainnya yang sederhana namun tetap penuh gaya. Dibalut secara keseluruhan dengan warna hitam dof, pada cover bagian depan, perangkat ini menggunakan desain guratan garis-garis lurus menggunakan bahan alumunium. Logo mata elang berwarna merah yang terpatri di bagian tengah, turut menyala dan memberikan kesan sangar manakala notebook ini dihidupkan. Logo ASUS berwarna putih perak pun ikut memberikan pengaruh dan nuansa elegan yang tak kalah gahar padanya.

Tetapi GudangGaming sarankan, ketika tangan Anda sedang berminyak jangan langsung memegang notebook ini karena bodinya mudah sekali kotor karena hal itu. Meski demikian, sangat mudah pula membersihkannya dengan menggunakan tissue atau semacamnya. Dengan sekali usap maka bodinya akan langsung kinclong lagi. Masuk pada bagian keyboard, ada sedikit distingsi atau perbedaan pada desain tubuh G551. Jika pada LID cover corak garis-garis lurus yang ditampilkan, di bagian warna hitam justru lebih terkesan datar namun dalam.

Huruf pada keyboard dibuat dengan aksen warna merah. Pada bagian WASD warna merah tersebut diwarnai lebih tegas sebagai tanda bahwa ini adalah perangkat gaming. Desain keyboard pun juga lengkap dengan numerik keyboard dan fitur LED yang membuatnya memancarkan cahaya ketika diaktifkan. Toucpad pun berukuran cukup lega 10,1 cm x 7,5 cm untuk daya jelajah pointer mouse yang lebih nyaman. Ketika disentuhpun, touchpad dan keyboardnya-nya sangat empuk sehingga sangat mengasyikan saat digunakan dalam waktu lama. Sejatinya notebook ini memiliki desain yang serupa dengan versi ROG sebelumnya yakni G550J. Namun versi pada versi teranyarnya, ada beberapa pembaruan dalam desain, seperti desain ventilasi udara yang terletak di sisi kiri, tombol power yang menyatu dengan tuts keyboard lain, hingga speakernya yang juga diletakan di bagian atas notebook. Bobotnya menjadi lebih berat tetapi performanya pun meningkat.

Layar 4K bikin Pengalaman Gaming Makin Asik

Nah, sekarang kita sampai nih pada ulasan paling penting dari notebook notebook ini, apalagi kalau bukan mencobanya dengan berbagai game, dari yang ringan hingga berat. Bisa dibilang melalui pengujian ini, akan ditentukan harga diri dari ROG G551 apakah dia mampu mempertahankan klaim-nya sebagai notebook gaming yang andal. ASUS ROG G551 menggunakan spesifikasi yang terbilang tinggi untuk kelas notebook gaming. Spesifikasi tersebut antara lain, prosesor mutakhir Intel Core i7-6700HQ generasi ke-6 (skylake), dengan teknik litografi 14 nm. Sang prosesor akan ditemani dengan RAM  8 GB DDR4 dual channel. Sedangkan untuk menyimpan data, disediakan kapasitas storage sebesar 1000 GB bermerek Hitachi. GudangGaming mencoba beberapa jenis game online dan offline untuk menguji. Penulis pun menginstal aplikasi Fraps untuk melihat seberapa besar nilai FPS (frame per second) yang mampu didulang oleh perangkat ini.

GudangGaming mencoba beberapa game seperti Fallout 4, Call of Duty 4 Modern Warfare, Mortal Kombat Complete Edition, The Last Remnant, dan Dragon Nest. Ketika melakukan setting grafik pada tingkat tertinggi, memang sedikit terasa glitch sehingga permainan berjalan menjadi kurang smooth. Setting tertinggi itu disetel pada resolusi (3840x2160) piksel dengan aspek ratio wide 16:10. Glitch cukup terasa ketika penulis bermain game Mortal Kombat. Namun glitch yang terjadi tidak sampai mengganggu kenyamanan bermain.

Namun yang cukup unik adalah ketika bermain Call of Duty Modern Warfare. Meskipun disetting pada tingkat tertinggi, namun FPS yang dihasilkan tetap tinggi. GudangGaming cukup kagum dengan desain pendingin pada notebook ini. Pasalnya meski dipaksa “kerja rodi” sekalipun, kipas pendingin tetap berputar dengan suara yang sangat halus sekali. Sehingga tingkat kebisingan fan-nya tidak sampai mengganggu jalannya permainan. Saat bekerja secara full load suhu notebook memang meningkat menjadi lebih hangat. Namun lagi-lagi hal itu tidak sampai menggangu kenyaman saat bermain.

Layar 4K yang Mengagumkan

Untuk mengungkapkan kesan menggunakan display beresolusi 4K pada laptop ini rasa akan lebih kena bila GudangGaming menyajikan screenshot dar video 4K yang didapat dari YouTube. Namun sekilas merasakan display tersebut, penulis merasa kagum dengan tampilan yang dirasakannya. Detil warna yang dikeluarkan begitu terasa. 

Battery 10 Jam Tahan Lama

GudangGaming juga sempat menguji battery-nya menggunakan aplikasi Imtech Battery Mark. Aplikasi tersebut memperkirakan apabila sang notebook digunakan dalam penggunaan biasa, batterai mampu bertahan hingga 10 jam. Namun bila digunakan terus menerus tanpa jeda (full load), semisal untuk bermain game, menonton dan lainnya, diperkirakan dia akan kuat hingga 1 jam 30 menit.

Kesimpulan

ASUS ROG G551 bisa menjadi  pilihan yang sangat tepat untuk menemani aktivitas kebutuhan hiburan Anda. Kegiatan seperti bermain game kelas berat dapat dilakoni dengan sempurna. Tidak hanya itu, kualitas layarnya  yang telah mencapai resolusi 4K, juga telah bias digunakan untuk keperluan multimedia yang cukup asik. Bagi para kreator video, notebook ini pun sangat sesuai untuk dijadikan pendamping.

Hasil Benchmark

 

 

Rate now!

Rating

Review ASUS ROG G551VW, Notebook Gaming Paling Handal dengan Layar 4K

  • SHARE POST   

Comments