Review ASUS ROG Strix Hero II

Beberapa waktu yang lalu ASUS telah meluncurkan beberapa laptop gaming yang secara khusus didedikasikan untuk para gamer MOBA dan FPS seperti ROG Strix Hero II dan ROG Strix Scar II. Disini gudanggaming berkesempatan untuk mengulas laptop gaming ROG Strix Hero II, seperti apa sih laptop gaming ini yang katanya dibuat khusus untuk gamer MOBA? Yuk kita ulas laptop gaming ROG Strix Hero II.

Hadir dengan inovasi yag belum terjadi pada generasi sebelumnya, ROG Strix Hero II ini hadir dengan bingkai layar tipis yang membuat laptop gaming ini terlihat sangat ringkas. Kenapa bisa sangat ringkas? Ternyata laptop gaming ini mempunyai layar IPS Full HD (1929X1080) ditambah dengan pengurangan 2,3 cm dalam lebar laptop. Untuk membuat laptop dengan frame layar 0.77cm yang sangat tipis, tim ROG menerapkan injeksi plastik bahan ganda sehingga layar memiliki kekompakan yang lebih.

Daya tahan dan kualitas yang ditawarkan tentunya akan membuat para gamer dapat lebih fokus pada game. Selain itu, ia mewarisi beberapa fitur yang dipatenkan ROG: desain cover yang memiliki potongan trapesium, permukaan dengan finishing brushed alumunium dan anodize hitam yang berkualitas tinggi. Laptop gaming ini pun mempunyai berat hanya 2,5 kg tentunya sangat ringan untuk sekelas laptop gaming pada umumnya.

Logo ROG yang terdapat di cover juga tak hanya dapat menyala lebih terang, kini juga dilengkapi dengan fitur AURA RGB yang membuatnya memiliki banyak warna. Untuk menambah kesan MOBA, ROG Strix Hero II ini ASUS memberikan keyboard transparan “QWER” dan finishing brushed, tak hanya menghasilkan permukaan yang tahan noda, memastikan Strix Hero II tetap bebas dari tanda sidik jari yang tidak sedap dipandang mata.

Selain itu, bingkai karet yang unik mengelilingi layar laptop gaming ini tidak hanya melindungi tampilan dari kerusakan ketika kalian menutup layar laptop, tetapi juga secara visual meningkatkan kelenturan bezel untuk nuansa yang lebih mendalam. Logo ROG sputtering high-gloss dapat dilihat tepat di bawah layar, sehingga kalian dapat merasakan nuansa ROG baik di dalam maupun di luar, dengan desain bingkai layar yang tipis, membuat web cam laptop dipindahkan ke sisi kanan logo ROG.

Demi membuat kesan ruang gerak mouse yang lebih bebas, port Input atau output yang paling banyak digunakan diletakan di sisi kiri laptop ROG, sementara sisi kanan hanya untuk port mouse USB. ROG Strix HERO II terisi penuh dengan DC IN, RJ-45, miniDP 1.2, HDMI 2.0, 2 x USB 3.1 gen1, USB 3.1 gen2, 3.5mm audio jack di sisi kiri, di sisi lain, ada Pembaca Kartu SD dan port USB 3.1 gen2 di sisi kanan.

Untuk pendingin laptop, ASUS sangat mementingkan sistem pendingin yang stabil dan sangat baik tentunya sudah dilengkapi dengan konfigurasi heatpipe ganda yang dikombinasikan dengan dua kipas 12V Anti Dust Tunnels untuk mengusir debu melalui terowongan debu yang dirancang khusus dan membuat daya tahan sistem laptop gaming ROG Strix Hero II. 

Kontroler cerdas pun dihardirkan pada laptop gaming ini untuk mengontrol kecepatan kipas, tetapi kalian masih memiliki kebebasan untuk memilih mode kipas yang diinginkan. Dengan menekan Fn + F5 atau mengakses Gaming Control Center, kalian dapat mengalihkan mode ke OverBoost untuk kecepatan kipas tercepat dan kontrol suhu yang ideal.

Datang dengan desain yang lebih ramping, laptop ROG Strix II memiliki cukup ruang untuk keyboard ukuran penuh 100%, dan dengan mempertimbangkan preferensi keyboard gamer, konfigurasinya dibuat seidentik mungkin dengan keyboard desktop, dengan tombol Enter berbentuk persegi panjang, tombol Backspace yang lebih panjang, dan tombol spasi ekstra lebar. Selain itu, tombol QWER di Hero II hadir dengan tombol transparan dengan font hitam.

Secara visual, keyboardnya telah dilengkapi dengan teknologi backlight AURA RGB. Ada empat zona kontrol cahaya yang dapat dikonfigurasi dengan menggunakan aplikasi AURA CORE ROG Gaming Center. Teknologi Aura Sync memberikan sentuhan penamilan dan nuansa dengan warna logo ROG, Keyboard dan bar cahaya pada laptop gaming ROG Strix Hero II. Untuk komputer atau laptop: kombinasi  SSD dengan  penyimpanan HDD telah menjadi tren utama; sistem operasi diinstal pada SSD yang lebih cepat saat game atau aplikasi besar diinstal pada HDD. Oleh karena itu, laptop ROG Hero II menyertakan SSHD sebagai perangkat penyimpanan sekunder. FireCuda SSHD adalah HDD yang menggunakan NAND Flash sebagai akselerator dan mekanisme pintar untuk meningkatkan kecepatan I / O data, memastikan game diinstal pada SSHD dapat dijalankan dengan cepat.

GameVisual menyediakan 6 mode preset untuk kebutuhan pengguna seperti FPS, RTS / RPG, sRGB, Racing, Cinema, dan Scenery. Mode First-Person Shooter (FPS), misalnya, meningkatkan kecerahan, membuat area kontras lebih jelas terlihat RTS atau RPG berfokus pada warna-warna cerah, memungkinkan kalian untuk melihat detail game dunia yang lebih detail. Disini kalian dapat menyesuaikan mode suara, seperti meningkatkan bas, meningkatkan suara, dan meningkatkan treble. Peningkatan rekaman dengan meningkatkan kualitas suara mikrofon, seperti Noise Reduction, Voice Stabilization, dan Acoustic Echo Cancellation tentunya dengan Sonic Studio III yang ada di ROG Strix Hero II ini. Yang lebih canggihnya lagi, aplikasi Sonic Radar II yang terdapat pada laptop gaming ini mampu menganalisa audio dalam game untuk pengambilan gambar tembakan senjata dan kaki untuk menentukan pemain lain dan menyajikan overlay visual dalam game.

Meski laptop gaming ini didedikasikan untuk gamer MOBA, ASUS tetap memberikan kombinasi hardware terbaik di laptop ini dengan CPU intel Core i7 9750H dipercaya sebagai otak dari laptop gaming ROG Strix Hero II yang merupakan merupakan prosesor 6 core 12 thread berkecepatan 2.2 GHz dengan Turbo hingga 4.1 GHz. Dan saat di uji dengan Cinebench, prosesor 6 core 12 thread ini mencatatkan poin sebesar 1177 cb poin dengan performa single core di angka 172 cb poin. Hasil ini bisa menggambarkan bahwa prosesor ini sangat bisa diandalan untuk kerja tugas yang berat. Hal ini terbukti saat coba menjalankan pengujian dengan aplikasi serupa dengan mode Overboost, prosesor 6 Core 12 Thread ini mencatatkan poin sebesar 1236 cb poin dengan performa single core di angka yang sama, 172 cb poin.

Kerja CPU ini juga  didukung oleh RAM DDR 4 2666 MHz berkapasitas 16GB sehingga total RAM yang diusung laptop gaming ini sebesar 32 GB. Sedangakan untuk urusan grafis, ASUS mempercayakan NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan VRAM 8GB GDDR5.

Dengan sistem pendingin baru yang digunakan GL504VM Hero II, GTX 1060 yang terpasang di Laptop ini bisa memiliki boost ke angka 1873 MHz. Suhunya pun dapat terjaga di angka 68 derajat Celsius saat waktu pengujian diuji dengan benchmark 3DMark.

Sementara di sektor media penyimpanan, GL504VM Hero II menyediakan SSD m.2 NVMe berkapasitas 256 GB.  Menariknnya, SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang luar biasa tinggi dimana kecepatan write  sekuensialnya mencapai angka 1163,8 MB per detik dan kecepatan read-nya mencapat 2474,3 MB per detik. ASUS pun menyematkan sebuah SSHD berukuran 1 TB di laptop ini untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Berbekal konfigurasi ini, rasanya dijamin seluruh proses komputasi dari yang ringan hingga sesi game yang cukup membebani sistem mampu dijalankan oleh Laptop ini.

Pada benchmark sintetis seperti yang dilakukan dengan aplikasi PCMark 8, GL504VM Hero II berjalan dengan tanpa hambatan dan mencatatkan hasil yang memuaskan. Dengan kombinasi komponen - komponen bertenaga yang diusungnya, laptop ini juga mampu menangani judul game populer seperti salah satunya Far Cry 5 di resolusi Full HD dengan setting 3D maksimal. Dengan memainkan game-game tersebut di resolusi Full-HD dengan setting grafik 3D di preset tertinggi (Ultra) tersebut, judul-judul game di atas dapat dimainkan dengan nyaman dengan frame rate rata-rata di atas 59 dengan fps tertinggi 68 fps.

Bahkan di game 3rd person  populer seperti Tom Clancy The Division, laptop gaming teranyar dari ASUS ROG ini sangat bisa di andalkan. Saat di mainkan dengan laptop ini di setting maksimal, laptop ini mencatatkan fps rata-rata di angka 56,5 fps. Saat Menjalankan game-game yang menuntut hardware maksimal, laptop ini sudah bisa menawarkan pengalaman bermain yang baik, apalagi saat menjalankan game-game MOBA. Kami rasa saat mejalankan game MOBA seperti DOTA 2, frame rate di atas 144Hz dapat dengan mudah dijalankan dengan beberapa penyesuaian setting.

Jika dedikasikan khusus untuk para gamer MOBA, rasanya ROG Strix Hero II adalah laptop gaming yang paling tepat, tidak hanya karena spesifikasi yang tinggi berkat dukunga prosesor Intel Core i7-8750H, memori DDR4 sebesar 16GB serta kartu grafis GeForce GTX 1060 6GB, namun hadirnya layar IPS-Level 144Hz 3ms  di laptop gaming berukuran 15,6 inci ini akan memberikan pengalaman bermain game yang terbaik. Apalagi mengingat game-game MOBA itu kebanyakan itu tak menuntut hardware yang tinggi, kalian akan sangat minim menemukan Stuttering, Tearing dan Ghosting pada layar laptop gaming ini.

Sektor desain juga menjadi salah satu alasan kalian patut menengok laptop gaming ini, dari bezel super tipis yang dihadirkannya membuat desaing laptop gaming ini lebih kompak dan akan lebih mudah dibawa kemana pun. Dan kombinasi layar super canggih dan bezelnya yang super tipis ini berhasil membuat laptop ini di daulat sebagai, Laptop Gaming 15 inci 144hz 3ms pertama di Dunia yang hadir dengan bezel super tipis. Untuk kalian gamer bergenre FPS tak perlu khawatir, ASUS tetap menghadirkan GL504 Scar II yang menawarkan pengalaman bermain game FPS terbaik di kelasnya, berkat layar 15 inci 144hz 3ms dengan bezel super tipis  dan dukungan CPU Intel Core Generasi ke-8, i7-8750H yang dikombinasikan dengan GPU NVIDIA hingga GeForce GTX 1070 8GB.

 

 

Rate now!

Rating

Review ASUS ROG Strix Hero II